CANDI PRAMBANAN

by - Mei 26, 2021

 

   Dokumen  Pribadi

Candi Hindu yang dengan Memuja SIWA yang tersohor di seluruh Indonesia terletak di Kota Prambanan. Ini kali pertama aq berkunjung, Ditemani Putri Rimalika temen seperjuangan umkm di bali. Kami naik Bis Trans Jogja dari Malioboro ke Prambanan Cuma bayar 3500rp/orang. Turun di Halte Prambanan, jalan kaki kurang lebih 15menit udah sampai di parkiran, Tiket masuknya 50.000rb aja  / Orang udah dapet keliling candi sampe puas.

Candi Prambanan ini juga di sebut dengan Candi RORO JONGGRANG, Terletak persis di perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah, Tepat nya di Jalan Raya Jogja -Solo.

Masih Ingatkah kalian, cerita tentang kisah cinta seorang putri raja yang bernama Roro Jonggrang, yang mengajukan syarat untuk membangun seribu candi dalam semalam,  Pemuda yang bernama Bandung Bondowoso pun menyanggupinya, Bandung Bondowoso pun kemudia meminta bantuan mahluk halus untuk membangun seribu candi dalam semalaman, dan ketika 999 candi telah selesai dan berdiri, Roro Jonggrang menyuruh penduduk desa menyalahkan api ungun dan menumbuk padi dengan lesung, agar para jin mengira bahwa fajar telah tiba, lalu lari tunggang langgang, Bandung Bondowoso pun mengetahui tipu muslihat dari Roro Jonggrang sehingga beliau pun murka dan mengutuknya menjadi patung bantu untuk melengkapi candi yang ke-1000.



Specllees, bgt yaaaa liat nya.....
melihat candi yang menjulang tinggi, dengan kemegahan lengkap dengan sejarahnya, sungguh membuatku mengelus dada... terkagum-kagum. 
sampai di sana udah  siang, langit yang cerah mendukung untuk ku, buat foto-foto, keren dehh.....
kebayang ga si...., karena inginnya Seorang Pemuda mempersunting anak seorang raja, Sampai harus buat 1000 Candi dalam 1 malam, gigih nya perjuangan pemuda itu.... !!
masih adakah kisah seperti itu dimana sekarang ini..??
yaaa... tapi itulah lah yang terjadi di kehidupan yang terdulu, sungguh hebat yaaa ....
Dan sampai saat ini, patung Roro Joggrang masih ada loo.., 
klo kalian liburan ke Jogja jangan lupa mampir ke Candi Prambanan yaaa...
Jamin deh...kalian pasti rasaiin seperti apa yang ku rasaiin......


by.itajegegbali





You May Also Like

0 komentar